Jumlah rakaat shalat tarawih selalu menjadi polemik, biarpun jumhur telah sepakat bahwa tarawih 20 rakaat, namun ada juga yang menyatakan bahwa tarawih yang sesungguhnya dan paling sesuai dengan sunnah nabi adalah 11 rakaat. Bagi pendukung 11 rakaat, mereka beragumen dengan hadist yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah sebagai berikut:
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ قَالَ حَدَّثَنِيْ مَالِكٌ عَنْ سَعِيْدٍ اَلْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ رَمَضَانَ فَقَالَتْ مَا كَانَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا فِيْ غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّيْ أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّيْ أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّيْ ثَلَاثًا فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا يَنَامُ قَلْبِيْ
“…(diriwayatkan) dari Abu Salamah Ibn ‘Abdurrahman bahwa ia bertanya kepada ‘Aisyah bagaimana shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam di bulan Ramadlan. ‘Aisyah menjawab: “Beliau tidak pernah menambah di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam bulan lainnya lebih dari 11 raka’at.” Beliau shalat 4 raka’at; dan jangan ditanyakan tentang baik dan panjangnya shalat yang beliau lakukan. Kemudian shalat lagi 4 raka’at; (demikian pula) jangan ditanyakan tentang baik dan panjangnya shalat yang beliau lakukan. Lalu beliau shalat 3 raka’at. Kemudian saya bertanya: Wahai Rasulullah apakah anda tidur sebelum shalat witir? Beliau menjawab: Wahai ‘Aisyah, dua mataku memang tidur, tetapi hatiku tidak tidur.” (HR. Bukhari) [1]
Namun, apakah hadist tersebut bisa dijadikan landasan bahwa tarawih itu 8 rakaat plus 3 witir? Mengomentari hadist ini, Syeikhul Islam Zakariya Al-Anshari (w. 926 H/1520 M) dalam kitab Al-Ghurar Al-Bahiyyah Fii Syarhil bahjah Al-Wardiyyah 4/146 menerangkan:
وَأَمَّا خَبَرُ { مَا كَانَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً } فَمَحْمُوْلٌ عَلَى الْوِتْرِ
Adapun hadits “Baik di bulan Ramadhan ataupun bukan bulan Ramadhan Rasulullah shallaahu ‘alaihi wasallam melakukan shalat malam tidak lebih dari sebelas raka’at” adalah dimuhtamilkan (diarahkan) untuk shalat witir. [2]
Pentunjuk yang mengarah ke shalat witir adalah Pertanyaan Aisyah kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam:
يَا رَسُوْلَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ
Wahai Rasulullah, apakah anda tidur sebelum shalat witir?
Dari penjelasan Syeikhul Islam Zakariya Al-Anshari, ternyata hadist yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah tidak tepat kalau diarahkan ke tarawih tapi yang lebih tepat adalah ke shalat witir, mengacu dari hadist tersebut sehingga disimpulkan bahwa rakaat shalat witir paling maksimal adalah 11 rakaat. Dan lagi andaipun hadist tersebut dipaksakan untuk shalat tarawih maka berarti tarawih bukan hanya dalam bulan ramadhan saja, tapi setiap bulannya ada tarawih.
Shalat Tarawih 20 Rakaat
Lalu apa dalil shalat tarawih 20 rakaat? Sebagaimana dijelaskan oleh Imam Nawawi (w. 676 H /1277 M) dalam Kitab Majmu, Syarah Muhadzdzab, Tarawih 20 rakaat berdasarkan hadist diriwayatkan oleh Imam Baihaqi:
وَاحْتَجَّ أَصْحَابُنَا بِمَا رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُ بِالْإِسْنَادِ الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ اَلصَّحَابِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كَانُوْا يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً
Kawan-kawan kami berargumen dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dan lain-lain dari shahabat As Saa`ib bin Yazid radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata: “Mereka qiyam Ramadhan (shalat tarawih) di zaman Umar bin Khaththab radhiyallaahu ‘anhu dengan 20 rakaat.” Majmu, Syarah Muhadzdzab juz IV halaman 32-33 [3]
Dan sebagaimana diketahui bahwa kita diperintah oleh Rasulullah shallalaahu ‘alaihi wasallam agar mengikuti sunnah khulafa`urrasyidin, Rasulullah shallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ
“….Maka ikutlah sunnahku dan sunnah khulafa`urrasyidin.” HR. Tirmidzi dalam Kitab Sunannya (juz V halaman 44, hadits nomor 2676, dari shahabat Al ‘Irbaadh bin Saariyah (hadits Hasan Sahih)
Wallahu A'lam bis Shawab
Rujukan:
[1] Shahih Bukhari 3/7/1147 dan 5/145/2013 (maktabah syamilah) Link Kitab: http://www.ikfm.se/ig/bukhari/indexf3ca.html?saheh=37
[2] Link Kitab: http://www.al-islam.com/Page.aspx?pageid=695&BookID=547&PID=789&SubjectID=1216
[3] Majmu, Syarah Muhadzdzab juz IV halaman 32-33 (maktabah syamilah)